Pengertian Analisis Tugas yakni sebagai proses
mengkaji sebuah manusia melaksanakan tugas, peralatan yang mereka gunakan, dan
hal-hal yang mereka perlu ketahui. Memeriksa tugas-tugas user untuk mengetahui
dengan baik apa yang dibutuhkan user dari interface dan bagaimana mereka akan
menggunakannya.
Proses menganalisis dan menggambarkan bagaimana manusia melaksanakan tugas / pekerjaannya, apa saja yang dilakukan hal-hal apa saja yang perlu diketahui. Memeriksa tugas-tugas user untuk mengetahui dengan baik apa yang dibutuhkan user dari interface .
Contoh Pengelompokkan tugas
Pada Fixed sequence ,Optional tasks ,Waiting events ,Cycles ,Time-sharing ,Discreationary
Cara melakukan analisis tugas
- INPUT : sebagai aktifitas pemberian data
- OUTPUT : sebagai keluaran, hasil dari suatu proses, baik berupa data maupun
contoh :
Pada penggunaan outputnya menggunakan analisis tugas yaitu sebagai berikut:
Perancangan Detail Interface, Pendefinisian Kebutuhan dan Perancangan Sistem.
B. SUMBER DAN PENGGUNAAN INFORMASI
Sumber informasi adalah data. Data merupakan bentuk yang masih mentah dan perlu diolah lebih lanjut. Data terdiri dari fakta-fakta dan angka-angka yang secara relatif tidak berarti bagi pemakai, tetapi dapat diolah melalui suatu model untuk dihasilkan informasi.
. Kelompok dalam Informasi : Informasi Strategis, Informasi Taktis, Informasi Teknis
. Informasi yang Berkualitas : Akurat, Tepat Waktu, Relevan.
Fungsi informasi suatu organisasi adalah suatu fungsi informasi bagi suatu organisasi yaitu memberikan kejelasan mengenai sesuatu hal yang sudah, sedang dan yang akan dihadapi oleh organisasi.
C. Input-Output
Pengertian
a) Input
Input adalah semua data dan perintah yang dimasukkan ke dalam memori komputer. Sebuah perangkat input adalah komponen piranti keras yang memungkinkan pengguna memasukkan data ke dalam komputer atau bisa juga disebut unit luar yang digunakan untuk memasukkan data dari luar ke dalam mikroprosesor. Misalnya data yng berasal dari keyboard dan mouse.
b) Output
Output adalah data yang telah diproses menjadi bentuk yang dapat digunakan. Artinya komputer memproses data menjadi informasi. Para pengguna melihat output pada layar, mencetaknya, atau mendengarkannya melalui pengeras suara, headphone,atau earphone. Ketika bekerja dengan komputer, seorang pengguna menjumpai empat kategori dasar output: teks, grafis, audio, dan video. Sangat penting satu bentuk output tunggal seperti halaman web lebih dari satu kategori. Perangkat output adalah semua komponen peranti keras yang menyampaikan informasi kepada orang-orang.
Proses menganalisis dan menggambarkan bagaimana manusia melaksanakan tugas / pekerjaannya, apa saja yang dilakukan hal-hal apa saja yang perlu diketahui. Memeriksa tugas-tugas user untuk mengetahui dengan baik apa yang dibutuhkan user dari interface .
Contoh Pengelompokkan tugas
Pada Fixed sequence ,Optional tasks ,Waiting events ,Cycles ,Time-sharing ,Discreationary
Cara melakukan analisis tugas
- INPUT : sebagai aktifitas pemberian data
- OUTPUT : sebagai keluaran, hasil dari suatu proses, baik berupa data maupun
contoh :
Pada penggunaan outputnya menggunakan analisis tugas yaitu sebagai berikut:
Perancangan Detail Interface, Pendefinisian Kebutuhan dan Perancangan Sistem.
B. SUMBER DAN PENGGUNAAN INFORMASI
Sumber informasi adalah data. Data merupakan bentuk yang masih mentah dan perlu diolah lebih lanjut. Data terdiri dari fakta-fakta dan angka-angka yang secara relatif tidak berarti bagi pemakai, tetapi dapat diolah melalui suatu model untuk dihasilkan informasi.
. Kelompok dalam Informasi : Informasi Strategis, Informasi Taktis, Informasi Teknis
. Informasi yang Berkualitas : Akurat, Tepat Waktu, Relevan.
Fungsi informasi suatu organisasi adalah suatu fungsi informasi bagi suatu organisasi yaitu memberikan kejelasan mengenai sesuatu hal yang sudah, sedang dan yang akan dihadapi oleh organisasi.
C. Input-Output
Pengertian
a) Input
Input adalah semua data dan perintah yang dimasukkan ke dalam memori komputer. Sebuah perangkat input adalah komponen piranti keras yang memungkinkan pengguna memasukkan data ke dalam komputer atau bisa juga disebut unit luar yang digunakan untuk memasukkan data dari luar ke dalam mikroprosesor. Misalnya data yng berasal dari keyboard dan mouse.
b) Output
Output adalah data yang telah diproses menjadi bentuk yang dapat digunakan. Artinya komputer memproses data menjadi informasi. Para pengguna melihat output pada layar, mencetaknya, atau mendengarkannya melalui pengeras suara, headphone,atau earphone. Ketika bekerja dengan komputer, seorang pengguna menjumpai empat kategori dasar output: teks, grafis, audio, dan video. Sangat penting satu bentuk output tunggal seperti halaman web lebih dari satu kategori. Perangkat output adalah semua komponen peranti keras yang menyampaikan informasi kepada orang-orang.
Evaluasi dan kognitif
Evaluasi adalah suatu tes atas tingkat pengunaan dan
fungsionalitas sistem yang dilakukan didalam laboratorium, di lapangan , atau
didalam kolaborasi dengan pengguna. Yang dievaluasi pada interaksi manusia dan
komputer adalah desain dan implementasinya. Evaluasi sebaiknya dilakukan dengan
mempertimbangkan semua tahapan siklus hidup desain. Evaluasi memiliki tiga
ujian utama, yaitu :
Melihat seberapa jauh sistem berfungsi : desain
sistem memungkinkan user melakukan tugas dengan lebih mudah. Hal ini tidak
hanya membuat fungsionalitas yang sesuai dengan sistem. Tetapi juga membuat
mudah untuk dicapai oleh user. User dapat melakukan aksi untuk melaksanakan
tugas. Juga mencakup kesesuaian penggunaan sistem terhadap harapan user pada
tugas tersebut. Evaluasi pada tahap ini meliputi pengukuran unjuk kerja dari
user pada sistem, untuk melihat keefektifan sistem dalam mendukung tugas.
Melihat efek interface bagi pengguna : mencakup
aspek dari kemudahan sistem dipelajari, daya guna dan perilaku user. Penting
juga untuk mengidentifikasi area desain yang berlebih dari user dengan
menggunakan sejumlah informasi.
Mengidentifikasi problem khusus yang tejadi pada sistem
: ketika penggunaan suatu konteks memberikan hasil yang tidak diinginkan, atau
terjadi kekacauan di antara user. Ini tentunya berhubungan dengan daya guna dan
fungsionalitas dari desain (bergantung pada sebab masalah). Tujuan ini
merupakan aspek negatif dari desain.
Ada beberapa pendekatan evaluasi yang dilakukan
seperti :
Evaluating design
Evaluating implementations
Query techniques
Physiological methods
Cognitive Walkthrough
Suatu usaha yang dilakukan untuk mengenalkan teori
psikologi ke dalam bentuk informal dan subjektif. Dengan kata lain, usaha ini
bertujuan untuk mengevaluasi perencanaan dengan melihat seberapa besar
dukungan yang diberikan ke pengguna guna mempelajari berbagai tugas yang
diberikan. Pendekataan ini dikemukakan oleh Polson, dkk. Walkthrough
dilaksanakan oleh perancang atau seorang ahli psikologi kognitif. Ahli bekerja
melalui perancangan tugas tertentu, tahap demi tahap, mengindentifikasikan
masalah yang berpotensi pada kriteria psikologi dan kemudian dibandingkan
dengan proses dimana perancang software akan bekerja dengan coding pada kondisi
yang berbeda, guna mengevaluasi untuk kerja setiap software.
Cognitive walkthrough harus menunjukan jika dan
bagaimana interface merujuk user untuk membangkitkan tujuan yang benar dari pelaksanaan
tugas yang diinginkan, dan memilih aksi yang diperlukan untuk memenuhi
setiap tujuan. Untuk melakukan cognitive walkthrough harus mempunyai informasi
yang dibutuhkan.
Sumber:
http://febrianone.blogspot.com/2012/05/analisa-tugas-imk.html
http://erricksandesu.blogspot.com/2013/04/analisa-tugas-informasi-data-io-evaluasi.html
http://muhamadjaelani35.blogspot.com/2013/04/jenis-jenis-analisa-tugas.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar